Tuesday, January 3, 2012

Racunfilm: Top 10 Movie Posters of 2011


Selain trailer, sebuah tolak ukur bagus atau tidaknya sebuah film juga dinilai dari posternya. Meski tidak mutlak menggambarkan sebuah film,s eringkali poster menjadi pelecut ekspektasi kita terhadap suatu film. Tentu beragan cara sebuah film menggambarkan sebuah film itu sendiri kedalam suatu poster. Entah ada yang bersifat simple, mungkin elegan, atau mungkin menggabungkan keduanya, ya, banyak sekali cara seorang perancang poster merancang poster karyanya. Tentunya sebuah film bagus juga harus memiliki poster yang bagus juga bukan? Yak! inilah 10 poster terbaik di tahun 2011 versi Racunfilm:


Honorable Mentions:

 

The List: 

10. Martha Marcy May Marlene

Well, sebenarnya MMMM memiliki 4 versi poster, tapi versi inilah yang paling saya suka. Entah kenapa meski hanya dengan simbol 'M' yang begitu besar dan dominan, saya rasa itu sangat pas, jauh dari kesan norak dan tidak punya ide, bahkan denga memapang wajah Elizabeth Olsen justru menimbulkan kesan glamour tersendiri.

9. The Devil’s Double

 

 Dengan dipenuhi serta menggambarkan seorang pria duduk dengan penuh gaya memegang senjata, pasti orang yang melihat poster ini akan merasa bahwa film yang akan ia tonton pasti penuh aksi dengan lecuta-lecutan peluru setiap yang di hamburkan sia-sia di tiap adegannya. Poster The Devil's Double memang tidak biasa, hanya dengan melibatkan satu warna tapi itu sudah cukup membuat orang yang melihatnya tercengan.

8. We Bought a Zoo


Sebenarnya ada 2 versi lain yang saya suka, tapi sudahlah kedua versi itu memiliki inti yang sama dengan poster diatas, sama-sama menjadi hewan sebagai bingkisan. Gw rasa emang inilah poster terbaik untuk judul film seunik We Bought a Zoo, jika banyak yang berfikir bagaimana seseorang menggambarkan membeli sebuah kebun binatang dalam suatu poster, mungkin dengan zebra atau binatang-binatang lain, ikon kebun binatang diikat bak parsel tahun baru itu sudah cukup.

7. Carnage


Entah kenapa kalau melihat kumpulan wajah manusia dalam suatu poster itu selalu terasa berbeda, kalau di perhatikan lebih detil lagi di poster Carnage ini ternyata bukan sekedar kumpulan wajah manusia, namun dengan ekspresi yang berbeda pula. Ditambah fullcolor-nya poster tentu akan semakin menghidupkan suasana.

6. The Rum Diary

 

Siapapun yang ngebuat poster ini, gw akuin idenya brilian! Deretan botol minuman keras yang di susun hingga membentuk tulisan The Rum Diary. Walaupun terksean dingin botol miras sendiri disitu menurut gw nimbulin aura humor tersendiri.

5. The Ides of March


Idenya simpel namun dikemas dengan lebih berisi. Itulah yang bisa gw gambari terhadap poster The Ides of March diatas. Hampir semua unsur di filmnya tergambar di posternya. Ya, dari posternya saja The Ides of March sudah berhasil menghipnotis lewat tatapan tajam Ryan Gosling dan George Clooney yang terkesan elegan. Ditambah majalah Time yang meski gak terlalu menonjol tapi meninggalkan sedikit unsur politik.

4. Another Happy Day


Simpel. Pasti itu yang terlintas kalau kita ngeliat poster diatas. Ya, tapi dengan ke-simpelannya itu ini poster bisa keren di mata gw. Dengan hanya menampilkan siluet seorang pria yang dililit ban renang, di sisi lain gambar yang gak terlalu menonjol itu justru memberikan unsur kegembiraan tersendiri.. Sesuai dengan judulnya Another Happy Day.

3. Drive


Dinginnya Ryan Gosling itu gak hanya bisa di buktikan lewat aktingya, tapi melihat posternya teryata doi gak kalah dinginnya dengan aktingnya di Drive. Masih bisa memainkan mimik wajah meski hanya di tampilan poster. Dengan tata warna yang sebetulnya Drive banget, makin kerasa deh dinginnya Gosling, apalagi kalo ngeliat taglinenya, "There are no clean getaways".

2. Shame

 
Poster Shame ini memang tidak menampilkan seni yang berlebih untuk mencuri pandangan. Tapi melihat sprei berantakan seperti yang terjabar di poster seakan-akan poster itu dapat berkomunikasi dengan kita, apa yang sebenarnya terjadi, atau apa yang akan terjadi di film itu sendiri. Yup, intinya poster Shame ini simpel namun berkelas.

1. The Tree of Life


Ya, inilah poster terbaik di tahun 2011 versi Racunfilm, The Tree of Life. Gampangnya poster di atas bener-bener sukses ngegambarin betapa rumitnya pohon kehidupan. Briliant ketika gw melihat sebuah poster yang di susun dari potongan adegan film tersebut. Sekali lagi benar-benar berhasil menggambarkan betapa rumitnya The Tree of Life.


*Disclaimer: All posters in this post is sourced from IMPAwards

No comments:

Post a Comment