Sunday, December 4, 2011

Film Review: Cowboys & Aliens (2011)

 

Tinggi ekspektasi saya ketika melihat siapa sutradara yang menangani Cowboys & Aliens, Ia adalah Jon Favreau, sutradara yang sempat menangani Iron Man dan Iron Man 2. Melihat bagaimana Jon menciptakan Iron Man, tentu penggemar film sci-fi termasuk saya akan penasaran dengan Cowboys & Aliens. Penggabungan yang tidak biasa antara western dan sci-fi, walaupun pada akhirnya Cowboys & Aliens memang tidak se-epic Iron Man. Tapi setidaknya Jon sudah kembali mencoba keahliannya dalam membuat film sci-fi adventure dengan terlepas dari bayang-bayang Iron Man.

Cowboys & Aliens dibuka dengan adegan terbangungnya seorang pria bernama Jake Lonergan (Daniel Craig) dalam kondisi terluka dan tidak ingat sedikitpun apa yang sebenarnya terjadi, satu lagi, Jake terbangun dengan mengenakan gelang besi yang terpakai dipergelangan tangannya. Dari situ kita sudah bisa menyimpulkan bahwa Jake adalah seorang cowboy yang nantinya akan melawan alien dengan gelang besi yang sedang dikenakannya itu. Jon Favreau coba mengenalkan para alien lewat serangan tiba-tiba yang mengujam suatu desa dan berkat tragedi itu semua karakter di film ini bisa tampak. Jake akhirnya mengenal seorang mantan kolonel Woodrow Dolarhyde (Harrison Ford), dokter sekaligus barterender yang sepanjang film akrab dipanggil Doc (Sam Rockwell) serta gadis misterius bernama Ella (Olivia Wilde)

Favreau sudah bisa dibilang berhasil dalam menggabungkan dua genre yang sebelumnya jarang saya lihat, perpaudan antara sci-fi dan western. Dengan tetap mengusung cerita ala cowboy-cowboy Amerika dan setting padang pasir seperti western movie pada umumnya nampaknya tidak ada yang berbeda pada Cowboys & Aliens dengan western movie lainya. Namun dengan tambahan alien serta senjata yang bukan sekedar colt phyton. Senjata super yang kali ini bisa saya setarakan dengan senjata milik Iron Man, mengeluarkan cahaya biru menyilaukan. Sayangnya senjata itu tidak terlalu disorot kehadirannya, bahkan senjata itu darimana saja tidak diketahui asal usulnya, porsi penggunaan senjatanya juga terbilang timpang dengan senjata-senjata cowboy biasa, sesekali saya sempat berfikir kalau senjata yang ada dipergelangan Jake itu hanyalah hiasan. Masih banyak hal epic dipikiran saya yang tidak dituangkan di film ini. Padahal seandainya film ini lebih menonjolkan unsur sci-fi dengan special effect-nya yang fantastis mungkin akan terlihat lebih keren.


Memang Cowboys & Aliens tidak terlalu memperlihatkan ketimpangannya ke satu genre. Unsur sci-fi dan western-nya sama-sama setara. Sedangkan script yang ditulis oleh Roberto Orci dan Alex Kurtzman menurut saya mudah ditebak tapi tidak membosankan. Hampir mulai dari film memasuki babak cowboys vs aliens bagi penonton yang sudah tidak asing dengan film-film western pasti bisa dengan mudah menebak kejutan-kejutan yang bakal terjadi di Cowboys & Aliens.

Positifnya, meski tampil dengan banyak kedataran, Daniel Craig bisa dengan baik merubah dirinya menjadi seorang buronan yang kini menjadi penyelamat desa, berdampingan dengan Harrison Ford yang porsinya tidak sebanyak Daniel Craig. Berbicara porsi Favreau kali ini gagal membagi porsi karakter dengan baik, akibatya penonton gagal merasakan karakterisasi di film ini dengan maksimal. Penonton memang tahu siapa karakternya tapi tidak mengenal. Oh ya, judulnya Cowboys & Aliens tapi kadar alien-nya sangat terasa sedikit. Sekali lagi sangat disayangkan, adegan one on one Cowboys vs Aliens-nya juga demikian. Justru karakter-karakter pelengkap yang banyak melakukan duel dengan alien.

Berdurasi lebih dari 120 menit seharusnya bisa membuat Cowboys & Aliens tampil dengan karakterisasi yang baik, penempatan aksi baik cowboy maupun alien yang tepat. Sebetulnya jika saja Favreau mampu memperbaiki eksekusi-nya dengan tampil fiksi, gw yakin Cowboys & Aliens bisa melahirkan banyak klimaks serta membuat mata terpanah dari awal hingga akhir. Gak usah terlalu berharap deretan spesial effect yang overdone seperti di film Transformers. Karena gw rasa justru di film yang masih melibatkan western sebagai genre itu kurang cocok. Cowboys & Aliens sudah cukup tampil dengan menghibur dengan seimbangnya penggabungan konsep Cowboy dan Alien.

No comments:

Post a Comment