Sunday, December 25, 2011

Racunfilm: 10 Best Christmas Movies to Spend Your Holiday!!


Hari ini, 25 Desember seperti yang kita ketahui adalah hari kelahiran Jesus Christ, atau lebih sering disebut natal. Natal sendiri identik dengan, salju, liburan, Santa Clause, peri, hadiah, dll. Sebetulnya ada sejuta cara bagi kita mengapresiasikan cinta kasih natal, mungkin salah satunya dengan menonton beberapa film bertema natal bersama sanak saudara, tentu akan semakin mengasyikan jika tertawa bersama keluarga besar di hari penuh kasih sayang ini, okay, gw akan coba ngasih 10 rekomendasi film natal terbaik yang sangat-sangat pas di tonton bareng keluarga buat ngabisin liburan natal kalian.. Enjoy!


A Christmas Story (1983)

Salah satu film natal terbaik buat gw, nyuguhin setting natal di tahun 40an. Bener-bener punya cara tersendiri dalam nyampein cinta kasih natal. Setting jadulnya juga jadi salah satu keunikan tersendiri di film ini, apalagi kalo inget dialog dan ceritanya yang klise.. Dan yang paling memorable adalah seorang anak yang bermimpi memiliki shotgun haha. Banyak pesan moral yang disampaikan secara halus di film ini.
  
The Santa Clause (1994)
 

Udah banyak ya kayaknya, film yang nyeritain perjuangan Santa Clause membagikan hadiah, bahkan di  beberapa serial kartun episode spesial natal pun gw sering nonton, tapi yang semua kembali ke gaya penyampaiannya. Meski dengan cerita dan plot yang 75% sama tapi tetep aja nonton perjuangan Santa dengan gaya klasik itu beda, lebih dapet feel-nya, salah satu film natal terbaik buat gw, cocok banget di tonton bareng sanak saudara terutama yang masih di bawah umur pasti lebih dapet suasana ke-keluargaannya.

Jingle All the Way (1996)

One of the best Christmas movie ever!! Ini film biasanya sering banget di puter di tv saat natal, bahkan beberapa jam sebelum nulis artikel ini gw baru aja nonton nih film di tv lokal, walaupun dalam kalo di pikir-pikir dalam 1 tahun gw nonton ini cuma pas natal, bahkan hampir setiap natal tapi gak pernah bosen. Film yang bintangi Arnold Schwarzenegger emang munri berbicara soal hadiah natal, tapi meski begitu sekali lagi film ini gak pernah bikin bosen, terutama kalo ngeliat akting konyol Arnold yang di paksain. Hahahah

 Die Hard (1988)
 

Seri pertama dari franchise yang sampai saat ini sudah membuahkan 4 seri, kenapa cocok di tonton saat natal? Simple aja, karena memang film ini temanya pas lagi natal hehe, sejujurnya gw udah lama banget nonton nih film, terakhir gw nonton di tv lokal dan itu udah lewat itungan tahun, tapi sampe sekarang gw masih inget kok Die Hard adalah film yang memang mutlak action tapi diselipi drama keluarga. Masih ingat ketika sebuah bom meledak di malam natal, tegang tapi cocok dihabiskan bersama keluarga. 

Elf (2003)

Tidak seperti film-film diatas yang sudah melewati satu dekadenya kali ini di urutan ke-6, Elf rilisan tahun 2003, tentu banyak yang masih familiar ya. Petualangan seorang peri dalam mencari ayah kandungnya. Sangat-sangat di rekomendasikan di tonton bersama keluarga, karena sepanjang film kita akan disuguhkan komedi khas natal yang dimainkan oleh Will Ferrell.

Love Actually (2003)
 

Film yang satu ini tidak berbicara soal, perjuangan Santa memberikan hadiah, bencana disaat natal, ataupun petualangan seorang peri, film yang dibintangi oleh Bill Nighy ini lebih bercerita tentang kasih sayang, ya memang meski dengan tema Santa Clause, peri atau lainnya semua film natal memiliki inti yang sama, yakni kasih sayang. Dan Love Actually sudah berhasil menjalankannya menyuguhkan sebuah Drama Komedi yang mampu menghabiskan waktu natal kita bersama keluarga. A lot of emotion!

Christmas Vacation (1989)

Christmas Vacation adalah salah satu dari sekian banyak film natal bertema 'berantakan'. Kali ini adalah sebuah liburan natal yang berjalan tidak semestinya, tapi percaya deh, hampir semua film bertema seperti ini pasti punya akhir yang sama ahaha begitu juga dengan Chrismtas Vacation meski gak terlalu banyak berharap ending, tapi Christmas Vaction udah berhasil ngehidupin nuansa natal lewat caranya sendiri, terlebih akting Chevy Chase sebagai Clark disini, membuat Christmas Vacation menjadi salah satu film natal yang memorable dan familiar.

The Nightmare Before Christmas (1993)
 

Setelah sekian banyak film bertmea disaster disaat natal, buat gw The Nightmare Before Christmas lah yang terbaik, sebuah film karya Henry Selick yang ditulis oleh tak lain dan tak bukan seorang maestro gothic perfilman dunia, Tim Burton. Penggabungan konsep Halloween dan Christmas yang brilian, serta penggambaran Jack Skellington yang hingga kini menjadi legenda. Sebuah ide cemerlang menduetkan gothic dengan keceriaan natal. That's pretty awesome!

It's a Wonderful Life (1946)


Rada bimbang juga sebenernya gw mau naro film ini di urutan 1 atau 2, tapi dengan beberapa pertimbangan gw mutusin untuk naro It's a Wonderful Life di urutan kedua. Tanpa gw jabarin bagaimana It's a Wonderful Life gw yakin pasti udah banyak yang tau, sebuah drama keluarga peraih 5 nominasi Oscar, gw juga udah lama banget nonton ini film, tapi sentuhan dramatisnya masih kerasa sampe sekarang *lebay* ahahah, belum lagi permainan emosi yang di latar belakangi perang dunia kedua, semakin membuat It's a Wonderful Life menjadi film natal yang tidak biasa.

Home Alone (1990)

Gw yakin seyakin-yakinnya orang Indonesia pasti udah gak asing sama film yang satu ini, natal gak natal ini film sering banget di puter di stasiun tv lokal, di saat-saat biasa (bukan natal) emang kadang-kadang gw bosen liat nih film, tapi percaya kalau nonton ini bareng keluarga terutama disaat natal bakal beda feelnya, walau udah kita tonton berkali-kali tapi tetep aja bakal sulit buat bilang bosen ke film ini. 2 Jam lebih kita dipaksa ngeliat aksi konyol yang gak ada matinya dari Kevin McLister, menghadapi pencuri-pencuri dirumahnya. Home Alone sendiri terdiri dari 4 seri, tapi gw lebih ngerekomendasiin untuk nonton yang kesatu dan kedua, karena yang ketiga dan keempat sudah 'keluar' jalur.

Yup, itu dia 10 film natal terbaik yang cocok di tonton untuk menemani liburan, sorry kalo emang banyak yang menurut kalian gak sesuai tapi ya inilah yang menurut gw terbaik hehe, okay terakhir gw skalian ngucapin Merry Christmas buat kalian yang ngerayain, dan makasih udah mau luangin waktu buat baca artikel amatiran ini, semoga di hari penuh kasih ini kita semakin menjadi manusia yang lebih. Amin

No comments:

Post a Comment