Thursday, December 1, 2011

Film Review: Apollo 18 (2011)


Apollo 18 adalah film mockumentary bertema found footage yang mengambil konsep tentang misi rahasia kosmonot Amerika dalam memasang transmisi di bulan pada tahun 1974. Namun sayangnya sampai saat ini seluruh awak dari Apollo 18 dikabarkan tidak kembali. Alasannya cukup banyak dari mulai lost comunication hingga gangguan dari 'pihak lain'. Dan di Horror-SciFi inilah kita akan dijelaskan bagaimana kronologis Apollo 18 bisa tidak kembali. 

Melihat ide cerita yang disajikan Apollo 18 sebetulnya sudah sangat membuat penasaran. Skenario yang ditulis oleh Brian Miller juga sebetulnya sudah bisa memancing ketegangan dengan baik. Apollo 18 memang tidak biasa, baik kita melihat dari cerita maupun setting. Bagaimana tidak, mockumentary ini mengambil setting dibulan yang sangat-sangat asing bagi kita, dan dengan inti cerita mengungkap rahasia yang pada akhirnya membuat kita sepenuhnya percaya pada rekaman found footage di film ini.

Berdurasi 1 jam 26 menit, Apollo 18 terbilang cukup lambat menyampaikan cerita. Dengan hanya mengandalkan setting dan 2 karakter utama: Capt. Benjamin Anderson (Warren Christie) dan Cdr. Nathan Walker (Lloyd Owen), kreativitas Gonzalo López-Gallego dalam menyampaikan cerita yang ditulis oleh Brian Miller memanglah teruji. Kalau melihat dari sudut pandang film mockumentary Apollo 18 sudah dikemas dengan cukup baik, meski ber-alur lambat namun Apollo 18 tetap berhasil menyampaikan dan menggambarkan bagaimana ketegangan lost contact dengan bumi, dan bertambah pahit ketika dipastikan tidak bisa kembali ke bumi.


Sejak awal Apollo 18 memang sudah terlihat sangat serius dalam konsepnya, membawa ketegangan dengan setting bulan dan dengan gaya mockumentary. Apollo 18 masih terlihat pada 30 menit pertama, namun sayangnya Gonzalo López-Gallego tidak mampu mempertahankannya. Atmosfer kengeriannya terlihat memaksa dan Plot yang mulai tidak tertata. Sepanjang film Apollo 18 terus berusaha meyakinkan penonton perihal video found footage difilm ini, penyampaian mereka 'tidak sendiri' di bulan yang sebetulnya memiliki potensi menimbulkan ketegangan justru gagal di maksimalkan oleh Gonzalo López-Gallego.

Tidak usah terlalu kecewa bagi pecinta Horror-Mockumentary, Apollo 18 tetap menjanjikan, terlebih bagi para pecinta film dokumenter luar angkasa. Apollo 18 pasti berbeda dengan dokumentasi-dokumentasi luar angkasa lainnya, dengan dihiasi dialog yang penuh dengan ketegangan dan kondisi depresi yang benar-benar bisa kita rasakan.

Release Date: September 2, 2011 | Studio: The WeinsteinCompany | Director: Gonzalo Lopez-Gallego | Screenwriter: Brian Miller | Starring: Not Available | Genre: Sci-Fi, Thriller | MPAA Rating: PG-13 (for some disturbing sequences, and language
 
 

No comments:

Post a Comment