Sunday, November 27, 2011

Review: Poconggg Juga Pocong (2011)


Poconggg.. Bagi para pengguna akun micro blogging-twitter jelas nama itu sudah gak asing. Mahasiswa hukum Trisakti yang sedang kesulitan menghadapi skripsinya-__-yang juga penulis novel yang ngaku-ngaku paling fenomenal dan terlaris ditahun 2011 berjudul Poconggg Juga Pocong atau sering disingkat PJP. Dan gw akui novel PJP emang bikin ngakak! Ratusan lembar penuh dengan tulisan kreatif Arief Muhammad (Poconggg) sekaligus pemilik akun twitter dengan followers lebih dari satu juta. Novel PJP juga udah sukses nganter Arief ketangga selebriti, ya.. Hidup memang seperti sekotak coklat, lo gak bakal tau apa yang bakal lo dapet. Penuh dengan kejutan. Sukses menaiki tangga selebriti Arief gak berenti disitu.. Maxima Pictures menawarkannya membuat PJP The Movies dengan disturadarai Chiska Doppert, sosok yang sempat dikenal sebagai alter-ego dari sutradara legendaris Indonesia: Nayato Fio Nuala. Dengan dibintangi Ajun Perwira, Saphira Indah, Rizky Mocil, Nycta Gina, Guntur Triyoga, PJP sudah terlihat menjanjikan komedi-remaja, apalagi dinakodai langsung oleh seorang Chiska Doppert yang memang sudah ahli didunia pocong-pocongan, membuat Poconggg Juga Pocong semakin promising!

Agak sedikit berbeda dengan PJP versi novel, yang menuangkan Poconggg dalam berbagai situasi, di PJP The Movie ini memiliki inti cerita dan inti masalah walaupun masih dibumbui adegan-adegan yang ada dinovel. PJP The Movie juga tidak lepas dari nama Arief Muhammad sendiri sang creator ikon poconggg, yang kali ini berkolaborasi dengan Haqi Achmad dalam menggarap naskah *garap naskah elo bisa cong, masa garap skripsi kaga*. Berkisah tentang Dimas (Ajun Perwira) yang sudah memendam lama perasaan kepada teman wanitanya: Sheila (Saphira Indah). Singkat cerita, sampai tamat SMA Dimas gak kesampean nyatain rasa sukanya kepada Sheila sampai akhirnya sebuah kecelakaan maut merenggut nyawa Dimas, dan boom! Tiba-tiba Dimas bangun dengan diikat kafan dan disambut kawan-kawan barunya didunia yang baru juga!

Dimas dianggap pocong yang masih amatir oleh teman-temannya bahkan saking amatirnya kadang dia ngeliat temen pocongnya sendiri aja masih takut. Dimas mulai bergabung dengan geng pocong pimpinan Anjau (Rizky Mocil), dan mengenal Kunti (Nyta Gina) sosok yang sudah membantu Dimas beradaptasi dengan dunia barunya. Kegalauan masih sering menghantui Dimas, ia masih sering memikirkan Sheila yang kini sudah berbeda alam dengannya, dan lebih menyakitkannya lagi kini ketika Dimas tau, Sheila sedang dekat dengan seorang pria yang juga seniornya di universitas, Adit (Guntur Triyoga).


Poconggg Juga Pocong memang tidak bisa memungkiri bahwa jalan cerita yang digagas adalah kumpulan dari beberapa bagian dalam sebuah novel yang kemudian dijadikan satu dan mengangkat sebuah tema dan jalan cerita. Penasaran adalah hal yang pasti selama kita menonton Poconggg Juga Pocong, bagaimana kelucuan Poconggg dinovel digambarkan dalam sebuah film. Ingat dengan Kambing Jantan-nya Raditya Dika? Berawal dari penyatuan atau mungkin lebih tepatnya per-ringkasan sebuah novel kedalam bentuk visual bernama film. Dan.. Arief dan Haqi sudah melakukannya dengan tidak terlalu buruk. Tetap membuat penonton merasa hangat dengan karakter pocongg yang sudah dibesarkan lewat novel dan akun twitter.

Untuk akting saya rasa tidak terlalu banyak masalah, Chiska sudah bisa terbilang sukses mengarahkan Ajun ke sosok poconggg yang lugu dan polos. Dan menghadirkan Nycta Gina sebagai Kunti yang juga berhasil menjadi salah satu pen-supply gelak tawa bagi penonton. Begitu juga dengan Saphira Indah dan Guntur Triyoga, berperan kompleks dalam menghidupkan jalan cerita.

Ya, meski tidak berakhir se-sempurna novelnya Poconggg Juga Pocong setidaknya sudah sedikit menghapus imej jelek dari Pocong, dan gw juga memberikan applause kepada sutradara, karena menurut gw pribadi dari sekian judul film yang sudah disutradarai seperti: Ada Apa Dengan Pocong?, Tumbal Jailangkung, Pocong Minta Kawin dan Bukan Pocong Biasa yang fantastisnya lagi semua dirilis tahun 2011, dan Poconggg Juga Pocong adalah film terbaiknya, ya mungkin karena memag disini jauh lebih memiliki naskah yang tersusun rapih dan karakter poconggg yang sudah akrab dikalangan remaja membuat penggambaran karakternya mudah dicerna dan dimengerti.

Studio : Maxima Pictures/Radio MS Tri FM | Genre : Drama, Comedy | Director : Chiska Doppert | Producer : Ody Mulya Hidayat | Starring : Ajun Perwira, Saphira Indah, Rizky Mocil, Nycta Gina, Guntur Triyoga



No comments:

Post a Comment