Saturday, November 19, 2011

Film Review: SuckSeed (2011)

 
Sekarang film-film drama remaja ala Thai memang lagi digandrungi di Indo. Bukan hanya melahirkan aktor atau aktris bertalenta baru, film-film remaja thai juga jauh dari kesan remaja labil. Dengan ide cerita yang kreatif serta penyampaiannya tidak didominasi adegan peluk sana peluk sini cium sana cium sini sudah jelas film-film drama Thai menyuguhkan sesuatu yang tidak biasa.

Ciri lain film drama remaja Thailand adalah seimbangnya antara intensitas cerita dan penguatan karakter. Ini membuat drama Thailand tampil dengan performa yang balance. Jangan heran ketika habis menonton film Thailand kita membuka google dan men-search biodata aktor atau aktris yang baru kita tonton aktingnya karena memang selain bakat akting yang luar biasa aktor dan aktris Thailand sungguh berbeda dengan Hollywood, sedikit chinese namun oriental hehe.

SuckSeed pun, demikian bercerita tentang Ped (Jirayu La-ongmanee) yang intinya.. tidak bisa mengungkapkan rasa cintanya.. Terpendam sejak kelas 6 SD. Kemudian Ped tergerak untuk membuat band bernama SuckSeed band yang singkatnya from zero to hero yang semula hanya beranggotakan 3 orang pecundang; Ped, Koong, Ex. tidak dijelaskan kenapa Ped dkk ingin membuat band karena memang difilm ini unsur musik sangat terasa. Mungkin karena faktor kenalnya Ped dengan Ern (Nattasha Nauljam).Ern yang pada akhirnya bergabung SuckSeed tidak semata-mata memuluskan langkah SuckSeed ke panggung yang lebih megah, namun justrus menimbulkan konflik berupa persaingan cinta antara Ped dan Koong dalam mendapatkan Ern.

 Selain konflik cinta segitiga antara Ped, Koong dan Ern, SuckSeed juga terus diisi dengan perjalanan sebuah band underdog menuju puncak tertinggi dan menjadi pujaan para wanita. Dengan gaya yang tidak biasa bahkan bisa dibilang menimbulkan gelak tawa SuckSeed sedikit demi sedikit merangkak keatas.

SuckSeed adalah tontonan ringan yang sangat pas menamani waktu kosong kita, film ini sama sekali tidak berbelit-belit dan juga tidak terlalu singkat. Apalagi dengan dihibur musik-musik Thailand akan menambah esensi film ini sendiri. Dan film ini sendiri sudah sukses membuat penontonnya merasakan kehidupan abg-abg di Thailand sana haha.

Walaupun ada beberapa bagian yang masih terlihat kosong SuckSeed tetap melenggang sempurna dengan kemampuan bercerita yang terjaga. Para cast difilm ini tentulah mendapat credit lebih karena mungkin jika saja bukan mereka yang memainkan peran difilm ini, SuckSeed tidak bisa sehidup ini. Lika liku permasalahan yang membelit terasa sangat realistis. Dari mulai cinta hingga persahabat.. Klasik namun akuilah SuckSeed dapat menyampaikannya dengan modern. Penyelesaian yang tidak basa basi juga menjadi ke asikan tersendiri dalam film ini. Pelan tapi pasti.. Menuntun penoton kepuncak cerita.

Mungkin bagi orang-orang yang tidak terlalu tau film Thailand seperti saya, tidak mengetahui sutradara Thailand, aktor atau aktris Thailand tentunya menonton film-film Thailand (salah satunya SuckSeed ini) akan menjadi misteri selama detik demi detik film ini berlangsung.. Dan SuckSeed berhasil memecahkan sedikit demi sedikit misteri-misteri itu dengan menyenangkan.

2 comments:

  1. hihihihi masa gak kenal sih sama aktor dan segala macam soal film ini? Masa ga tau Jirayu Laongmanee?

    Great blog, by the way. Postingannya updet pula. Gak kaya blog gue... hihihi gue link ya :)

    ReplyDelete
  2. wow,..ini film keren,.pengen nonton tpi lum kesampaian .
    Nice share gan, . :)

    ReplyDelete