Sunday, November 20, 2011

INAFFF'11: The Incident (2011)

  
Sebelumnya saya tegaskan bagi yang punya serangan jantung jangan nonton film ini.. Karena di Toronto International Film Festival kemarin sampai ada yang pingsan nonton film ini, karena penasaran seberapa menegangkan dan seberapa mengagetkan-nya The Incident maka saya coba sempat kan untuk datang di INAFFF 2011 ini.

Sempat melihat trailer dan membaca sinopsis saya mengatakan cukup wajar apabila ada yang pingsan.. Mungkin karena difilm ini berhubungan dengan psycho.. Mengambil cerita tentang kecelakaan yang terjadi disebuah rumah sakit jiwa, suatu hari petir menyambar dan memutuskan aliran listrik rumah sakit jiwa tersebut dan bum! Seluruh sistem pengaman-pun lumpuh dan para pasien pun berhamburan! Suasana semakin tidak terkendali ketika George, Max dan Ricky yang bekerja di dapur rumah sakit beserta para penjaga menjadi sandera pasien.

Film karya Alexandre Courtes yang sebelumnya terkenal sebagai sutradara music video band seperti U2 & Coldplay ini sudah berhasil membuat penonton meng-gebrak bangku mereka dengan suguhan yang benar-benar thrilling! Sulit sebenernya ngegambarin seberapa menegangkannya The Incident, ini film penuh dengan adegan di udak-udak, digigit, dicekek, wah pokoknya disiksa..


Balik ke cerita, berhasil menjadikan sebuah rumah sakit jiwa.. Atau lebih tepat dibilang penjara untuk orang-orang yang tidak memiliki akal berfikir. Alexandre Courtes yang juga memulai debutnya dalam menyutradarai sebuah film berhasil dan sukses membuat gw merasakan pahitnya terjebak dalam rumah sakit jiwa! Betapa thrilling nya ketika elo mesti berhadapan dengan orang yang udah gak punya rasa ampun, anggap saja kita sedang bermain petak umpet dan rumah sakit jiwa yang sudah disulap menjadi gelap itu arena bermain kita, sedangkan lawan bermain kita adalah para orang-orang sinting itu tadi. What do you feel? So thrilling right?

Courtes juga udah sukses nampilin adegan-adegan yang begitu nyata, sampe-sampe mungkin elo ngerasain diudak orang gila beneran *lebay* 1 jam lebih kita mesti ngeliat rasanya disekep bareng orang gila dirumah mereka sendiri. Diselipin adegan-adegan gore nan sadis The Incident semakin meyakinkan gw untuk gak mau ngeliat apalagi masuk yang namanya rumah sakit jiwa.

Kejutan-kejutan yang bener-bener membuat adrenalin lo terpacu! Bener-bener epic ketika tiba-tiba orgil muncul didepan lo whahaha dan itulah yang terjadi di The Incident. Entah apa yang beda dengan adegan violence difilm ini dengan difilm-film thriller-gore lainnya. Benar-benar berasa real! Esensi cerita yang simple dan kualitas akting yang jempolan juga jadi faktor kenapa film ini benar-benar ngebuat lo berasa di udak orang gila beneran. Permainan tensi cerita yang benar-benar awesome.. Hampir sepanjang film suasana horror dirumah sakit jiwa itu berasa! Gak basa basi dah nih pelem.. Beda dari horror-horror lainnya, dikemas dengan gak biasa serta memuncakan adrenalin pada tingkat tertinggi.

Kolaborasi yang patut diacungi jempol dari S. Craig Zahler dan Courtes, menulis skenario adegan demi adegan dengan brilian kemudian dikemas dalam bentuk motion picture dengan begitu sempurna. Tingkat kesadisan yang membuat kita gak nyangka bahwa ternyata begini kalo orang gila udah ngamuk. Nafas benar-benar disita selama difilm ini, hampir selama film kita dipaksa ngikutin alur mengerikan yang dibuat oleh Courtes. Gak heran sih kalo di Toronto ada yang pingsan

No comments:

Post a Comment